Sabtu, 05 Februari 2022

Taman Bunga, Flora Wisata San Terra de Laponte

Foto : Penulis
        Malang. Siapa sih yang tidak kenal dengan kota satu ini? Pasti Anda semua sudah tahu. Kalau Anda mendengar kota Malang, pastinya yang ada dipikiran Anda adalah sebuah tempat yang sejuk, dingin dan banyak berdiri kampus-kampus ternama yang ada di kota ini. Maka tidak salah kalau Malang dijuluki kota dingin, juga dikenal sebagai kota pelajar. Malang terletak di dataran tinggi yang sangat sejuk dan berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl, serta dikelilingi oleh banyak pegunungan. Beberapa diantaranya, Gunung Semeru, Gunung Kelud, Gunung welirang, Gunung Anjasmoro, Gunung Butak, Gunung Panderman, dan Gunung Arjuno.
        Malang juga merupakan kota yang kaya sekali akan tempat-tempat wisata yang sangat indah dan alami. Sehingga banyak orang yang mengagumi tempat- tempat wisata yang ada di kota ini. Dari puluhan wisata bahkan ratusan, salah satu tempat wisata yang telah berhasil saya kunjungi adalah Flora Wisata San Terra de Laponte.
        Flora Wisata San Terra de Laponte terletak di Jalan Truno Joyo, Jurangrejo, Pandesan, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke kawasan ini Anda akan melewati bukit dan lembah. Namun meskipun begitu, tak perlu khawatir karena akses untuk menuju ke Bukit San Terra cukup mudah, jalanannya pun terbilang bagus.
        
Rute Menuju Flora Wisata San Terra

        Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tinggal melihat petunjuk dari google map. Namun jika menggunakan kendaraan umum, ada bus dan angkutan yang memiliki rute ke Bukit San Terra. Kalau dari Terminal Arjosari, Anda bisa naik angkutan AL menuju Terminal Landungsari. Dari Terminal Landungsari, lanjut ke Terminal Batu, lalu Anda bisa naik angkot berwarna ungu dengan kode BNK. Nah, tidak sampai 30 menit Anda sudah akan sampai di lokasi yang berada di kiri jalan.

Harga Tiket di Bukit San Terra

        Sebelum masuk dan menikmati berbagai fasilitas yang ada di Bukit San Terra ini, tentu Anda harus membayar tiket sebesar Rp 25.000,00 untuk weekday dan Rp 30.000,00 ketika weekend. Cukup murah bukan? Dengan biaya yang rendah, Anda sudah bisa berlibur dan menikmati keindahan pemandangan yang eksotis dan menyejukkan mata.

Fasilitas Wisata

        Flora Wisata San Terra menawarkan beraneka ragam jenis tumbuhan dan bunga yang begitu cantik. Tak heran jika banyak anak-anak kecil, remaja dan ibu-ibu yang menyukai wisata bunga ini. Namun banyak juga kaum pria yang berkunjung ke sini. Ada sekitar 700 jenis tanaman atau bunga yang ada di sini. Karena didukung dengan udara malang yang dingin dan sejuk sehingga tanaman atau bunga tumbuh dengan segar dan indah.
Foto : Penulis
        Tempat wisata yang baru diresmikan pada 24 Desember 2019 menjelang natal ini, menyuguhkan dan memanjakan pengunjung dengan keindahan alamnya yang alami dan mengagumkan. Ditambah lagi dipadu dengan bangunan-bangunan ala Korea dan Belanda yang membuat keindahannya semakin komplit. Sehingga setiap sudut di tempat ini bisa dijadikan spot foto yang keren dan instagramable. Buat Anda yang penasaran, beberapa hal yang bisa Anda nikmati di Bukit San Terra:
1. Tanaman dan Taman Bunga
       Sesuai dengan namanya “Flora Wisata,” tempat ini menyuguhkan berbagai macam jenis tanaman dan bunga yang tertata rapi sehingga berbentuk taman yang sangat indah. Ada banyak macam warna bunga yang mampu menghipnotis pengunjung. Selain menikmati taman bunga, tempat ini juga membolehkan pengunjung untuk membeli bunga yang sudah disediakan khusus untuk oleh-oleh setelah berwisata di bukit San Terra ini. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000 hingga ratusan ribu rupiah.
Foto : Penulis
2. Bangunan Unik Ala Belanda dan Korea
      Tidak hanya taman bunga, tapi ada juga bangunan yang menyerupai bangunan rumah Belanda dan Korea. Bangunan itu dihiasi dengan replika dan desain yang unik dan indah, serta ditambah dengan ornamen warna-warni. Bangunan ini mampu melengkapi keindahan alam di tempat ini sebagai tempat wisata dengan taman bunga yg eksotis.

3. Kostum Ala Korea
        Setiap sudut tempat ini sangat instagramable. Nah, untuk bisa mendapatkan foto yang tidak hanya bagus, tetapi juga bisa memberikan kesan Belanda dan Korea, maka disediakan penyewaan kostum ala Belanda dan Korea. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh ke Belanda atau Korea, cukup di Flora Wisata San Terra, Anda sudah bisa memiliki foto seperti berada di Belanda atau Korea. Untuk sewa kostum, dikenakan biaya sebesar Rp 30.000,00 (anak) dan Rp 50.000,00 (dewasa) dengan durasi waktu 30 menit.

4. Wahana Permainan
        Selain menikmati keindahan alam dan berfoto-foto, di sini juga ada wahana permainan untuk anak-anak seperti Rumah Balon, Trampoline, Otopet, Bumper Car dan lain-lain. Wahana ini menambah deretan fasilitas yang membuat pengunjung semakin betah untuk berwisata di sini.

5. Sarana Pendukung lainnya
        Sarana lain yang bisa membuat Anda betah berkunjung dan berlama-lama di sini yaitu Musholla, Food Court, WC, dan Halaman Parkir yang luas. Tidak ada alasan bagi pengunjung untuk tidak nyaman berwisata ke Flora Wisata San Terra ini.
        Bagi Anda yang suka berwisata sambil menikmati keindahan alam, tempat ini bisa dijadikan referensi tujuan wisata Anda berikutnya. Anda bisa mengajak teman, saudara, tetangga, rekan bisnis atau pasangan.

Vlog :