Tips Bepergian Jauh Bagi Perempuan

Gambar : Ilustrasi
        Akhir-akhir ini banyak berita pelecehan yang terjadi, dimana objeknya umumnya perempuan dan anak. Kejadian-kejadian tersebut mendorong perempuan untuk lebih berhati-hati lagi dalam beraktivitas baik dilingkungan keluarga maupun di ruang public karena kemungkinan-kemungkinan itu bisa terjadi sama siapa saja.
        Sebagai perempuan, tidak ada salahnya memiliki sikap mawas diri terhadap sesuatu yang belum terjadi alias sedia payung sebelum hujan. Ada beberapa hal yang bisa diusahakan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada perempuan khususnya ketika bepergian jauh, diantaranya sebagai berikut:
1. Memberitahu Keluarga atau Orang Terdekat
    Jika akan pergi keluar rumah baik itu ke toko atau ke pasar sebaiknya memberitahu kepada minimal satu orang keluarga. Jika ada orang lain yang menanyakan keberadaanmu, maka ada yang bisa memberitahu keberadaannmu. Dan jika seandainya terjadi sesuatu di luar sana, setidaknya ada orang yang bisa memberikan informasi terakhir tentang kamu. Terlebih lagi kalau akan bepergian jauh, maka harus bahkan wajib memberitahu orang tua atau keluarga di rumah. Selain tata krama dan sopan santun, supaya kamu mendapatkan do'a dari mereka.

2. Review Lokasi
    Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya review dulu tempat yang akan kamu kunjungi, dimana lokasinya, apakah letaknya jauh atau dekat dari keramaian, atau sepi. Ini untuk mengukur berapa lama kamu sampai ke sana, kendaraan umum apa yang bisa menjangkau lokasi tersebut. Berapa lama jarak tempuhnya. Jika naik kendaraan pribadi bisa dicari tahu jalurnya, macet atau tidak. Ini bisa membantu untuk meminimalisir waktu, apalagi kalau kamu ke tempat itu untuk tujuan formal, tentunya harus tepat waktu.

3. Memprediksi
    Ketika kamu sudah tahu tempatnya, prediksi apa kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Misal, bagaimana kalau tiba-tiba turun hujan atau kemalaman. Kalau diperkirakan kemungkinan akan turun hujan karena sedang musim hujan, kamu bisa membawa payung atau jas hujan. Sedangkan jika dikhawatirkan kemalaman, kamu bisa mencari kos-kosan atau hotel terdekat karena mungkin kalau pulang, akan terlalu larut malam yang bagi sebagian perempuan itu dianggap berbahaya. Atau, kamu bisa menghubungi saudara, kerabat, teman yang rumahnya dekat dengan lokasi yang sedang dikunjungi. Kamu bisa meminta izin untuk menginap sementara waktu. Hal ini bisa dijadikan untuk ajang silaturahim.

4. Meninggalkan Jejak
    Jika ditengah perjalanan kamu menemui sesuatu yang mencurigakan, kamu bisa segera menghubungi atau mengirim pesan ke keluarga terdekat atau teman yang bisa dihubungi. Contohnya, jika kamu sedang naik ojek online, tiba-tiba kamu merasa ada hal yang aneh dan mencurigakan, kamu bisa mengirim identitas drivel ojolnya ke keluarga atau teman terdekat. Supaya jika terjadi sesuatu bisa dilacak keberadaannya.

5. Membawa Benda Penyelamat
    Membawa benda penyelamat dengan tujuan menjaga diri tidak ada salahnya. Apa yang dimaksud benda penyelamat disini? Yaitu benda yang bisa membantu kamu ketika berada dalam kondisi terdesak. Bentuknya bisa bermacam-macam sesuai yang kamu suka. Contohnya, pisau kecil. Nah, misal ditengah perjalanan kamu membeli minuman terus kamu kesulitan membukanya, maka kamu bisa menggunakan pisau itu membukanya.

6. Menjaga Kondisi Badan
    Bepergian jauh tentu membutuhkan kondisi tubuh dan kesehatan yang fit. Jika kamu bepergian dalam keadaan kepala pusing, kemungkinan bisa mabuk diperjalanan bahkan bisa pingsan. Tentu ini akan merugikan kamu. Atau, bepergian ketika dalam kondisi kurang tidur, tentu ini juga bisa berbahaya apalagi jika membawa mobil atau sepeda motor pribadi. Jadi sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, tidur lah yang cukup.

7. Membawa Bekal
    Membawa makanan dan minuman untuk bekal diperjalanan sebenarnya untuk zaman sekarang bukan lagi hal yang lumrah, karena dimana-mana sudah banyak orang yang berjualan minuman atau makanan. Tetapi untuk sekedar berjaga-jaga minimal kamu membawa air minum. Hal ini untuk menghindari dehidrasi apalagi kalau melewati jalan tol panjang.

8. Jangan Terlihat Bodoh
    Bepergian sendirian keluar kota biasanya kita tidak terlalu tahu daerah yang kita kunjungi. Nah, jika kamu bertemu dengan orang yang tak dikenal, jangan terlalu jujur. Di sini saya tidak sedang mengajari untuk berbohong ya, tapi jangan menjawab atau bercerita terlalu banyak tentang diri kamu. Kamu bisa menjawab seperlunya saja. Berbincang dan ngobrol seperlunya saja. Ini untuk menghindari kamu dibodohi oleh orang lain. Misal, kamu bercerita bahwa kamu bukan orang daerah situ. Itu artinya kamu tidak familiar dengan kondisi di daerah itu. Kalau kebetulan kamu bertemu dengan orang yang jahat, kamu bisa dibohongi bahwa tempatnya masih jauh padahal sudah dekat. Atau, jika kamu naik angkutan umum, kamu bisa disuruh membayar melebihi tarif sebenarnya. Makanya, supaya terhindar dari penipuan-penipuan kecil seperti tadi, kamu harus bersikap tenang dan jangan terlihat bodoh.

 9. Berdo'a.
    Berdo'a adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Setelah semua ikhtiar yang dilakukan, hendaknya senantiasa berdo'a supaya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Berdo'a bisa dilakukan sesuai yang kamu suka, misal kamu bisa membaca do'a "ketika bepergian jauh" atau berdo'a dengan membaca sholawat disepanjang perjalanan. Yang terpenting kamu tidak lupa untuk berdo'a. Adapun lafadz do'a ketika bepergian jauh yaitu :
.اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ
Artinya : Ya Allah mudahkanlah kami bepergian ini dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah Engkau yang menemani dalam bepergian dan Engkau pula yang melindungi keluarga.

    Mempersiapkan diri untuk keselamatan itu lebih baik daripada menyesalkan kejadian-kejadian yang harusnya tidak terjadi hanya karena kelalaian kecil. Stay save dimanapun kamu berada. Tidak ada yang bisa menjaga dirimu, sebaik kamu menjaga dirimu sendiri.



 

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.