Sundance Film Festival: Asia 2022 Gelar Short Film Competition di Jakarta

Pendaftaran Short Film Competition dibuka 18 April hingga 31 Mei 2022 dan Sundance Film Festival: Asia akan digelar  secara offline 25-28 Agustus 2022 di Jakarta
Kabar gembira bagi sineas dan filmmaker Indonesia. Sundance Film Festival: Asia 2022 akan hadir secara offline pada tanggal 25-28 Agustus 2022. Buat para sineas, ini kesempatan yang sangat bagus untuk berpartisipasi dan menampilkan karya terbaiknya. Jangan sampai terlewatkan, lho!

Apa itu Sundance Film Festival?
Sebuah festival film di AS dan merupakan salah satu festival film paling bergengsi di dunia, yang diadakan setiap tahun oleh Sundance Institute. Sundance Film Festival: Asia hadir di Indonesia pada September 2021 lalu, melalui kerjasama IDN Media dengan Sundance Institute dan XRM Media.

Tahun lalu, Sundance Film Festival diadakan secara online akibat adanya pandemi Covid-19. Namun pada tahun kedua kali ini, Sundance Film Festival: Asia 2022 akan diadakan secara offline di Jakarta. Penonton bisa hadir menyaksikan dan menikmati pemutaran film, menyaksikan diskusi panel, dan berbagai rangkaian acara yang disuguhkan khusus untuk penonton Indonesia. Informasi mengenai rangkaian acaranya akan diumumkan pada pertengahan tahun ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Sundance Film Festival, mari simak pernyataan beberapa tokoh yang terlibat dalam acara tersebut:

Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival mengungkapkan kebahagiaannya untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Menurutnya, ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia.

William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media mengatakan sangat antusias untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia secara offline dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Ia berharap semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film.

Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival mengatakan bahwa ia tak akan berhenti di Sundance Film Festival yang diadakan Januari lalu saja, namun ia akan terus mencari karya film pendek dari filmmaker berbakat di seluruh dunia. Tahun lalu, kompetisi film yang diadakan berjalan sangat sukses. Mike sangat mengagumi karya-karya yang didaftarkan. 10 karya terbaik ditampilkan di Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada januari lalu. Mike antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini.

Short Film Competition
Untuk memeriahkan dan mendukung dunia perfilman, Sundance Film Festival: Asia 2022 mengadakan Short Film Competition yang disponsori oleh Argo. Pendaftarannya dibuka mulai 18 April hingga 31 Mei 2022:
1. Syarat dan Ketentuan
  • Warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas, yang tinggal di dalam maupun luar negeri
  • Film pendek semua genre
  • Karya sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020
  • Durasi film selama 3-20 menit
  • Informasi terkait cara pendaftaran serta syarat dan ketentuan bisa dilihat di halaman website: https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway: https://filmfreeway.com/SundanceAsia.
2. Dewan Juri
Para juri akan mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh peserta yang masuk dan memilih pemenang penghargaan Jury Award 2022. Berikut nama-nama yang akan menjadi dewan juri:
  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
3. Hadiah Pemenang
  • Pemenang penghargaan Jury Award akan menerima hadiah sebesar 2.000 dolar AS yang disponsori oleh Argo
  • Film pendek yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 berlangsung
  • Film pendek akan didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung
  • Memiliki kesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023
Untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai Sundance Film Festival: Asia 2022, ikuti akun media sosial kami:
Instagram @SundanceFFAsia
TikTok @SundanceFFAsia 
Bagi kalian yang berminat mengikuti event ini, saatnya tunjukkan kemampuan kalian dalam berkarya membuat film-film menarik dan berkualitas. Kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau tidak dicoba kapan jadinya? Mari semangat berkarya untuk memajukan perfilman Indonesia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.