Berkunjung ke Pameran “Nostalgia Srimulat” Surabaya

Saya sedang mengamati koleksi yang dipamerkan dalam pameran Nostalgia Srimulat di ruang bawah tanah Alun-Alun Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/9/2022).
Sahabat inspirasi, hari Minggu kemarin saya mengunjungi pameran “Nostalgia Srimulat” di Basement Alun-alun Kota Surabaya. Pameran yang berlangsung pada tanggal 22 sampai 30 September 2022 ini, dibuka mulai pukul 09.00 WIB-21.00 WIB.

Saya sebenarnya bukan penggemar atau pecinta grup pelawak legendaris Srimulat ini, akan tetapi mengetahui nama besar grup pelawak ini. Walaupun bukan fans mereka, saya tertarik untuk mengetahui apa saja yang ada di pameran tersebut. Setidaknya, saya bisa mengetahui karya-karya mereka yang sangat popular dan legendaris pada masanya.

Srimulat merupakan kelompok pelawak legendaris di Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo, dan istrinya Raden Ayu Srimulat pada tahun 1950-an. Dalam pameran ini, mengusung konsep berpacu dalam komedi dan melodi, untuk mengingatkan masa kejayaan Srimulat di Kota Surabaya sejak tahun 1961.

Pameran ini menyuguhkan beberapa bagian pendukung pertunjukan Srimulat, seperti naskah drama, majalah, poster, komik, kostum, aksesoris, alat-alat musik, kumpulan kaset drama, radio, hingga dokumentasi foto dan video pementasan.
Saya berfoto di antara wayang-wayang golek yang bewajah personel Srimulat
Kabarnya, pameran digelar oleh Pemerintah Kota Surabaya bersama Srimulat dan bekerja sama dengan Museum Gubuk Wayang Mojokerto. Pantas saja, saya melihat deretan wayang golek yang menampilkan wajah personel-personel Srimulat. Tampilan wayang golek ini begitu unik dan lucu yang menambah kemeriahan pameran.

Cukup banyak pengunjung yang datang ke pameran ini. Mereka menyusuri gerai demi gerai, dengan sesekali membaca tulisan yang ada dan melihat detailnya. Tak hanya melihat-lihat, selfie dan berfoto ria sudah menjadi trend masyarakat zaman sekarang. Berfoto dengan latar belakang dari pameran ini merupakan sebuah kenang-kenangan atau sesuatu yang bisa dibagikan di sosial media.

Tak jauh berbeda dengan pengunjung yang lain, saya juga mengabadikan kunjungan saya dengan berfoto ria di beberapa spot yang saya anggap bagus dan menarik. Spot yang paling saya sukai adalah berfoto diantara wayang-wayang golek berwajah personel-personel Srimulat.

Pameran Nostalgia Srimulat ini cukup menggugah dan meningkatkan rasa seni pengunjung baik pekerja seni ataupun penyuka seni. Lantas, apa yang bisa diambil dari kunjungan saya ke pameran Nostalgia Srimulat ini?

Setelah saya melihat hampir semua peninggalan grup legendaris ini, begitu banyak karya-karya yang sudah mereka hasilkan dan ini sangat mengagumkan. Dalam dunia seni, karya adalah hal penting bagi seorang seniman karena seniman itu dilihat dari hasil karyanya bukan gayanya. Karya mereka menginspirasi saya untuk bisa menghasilkan karya walaupun di bidang yang berbeda.

















Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.