Vanessa Angel Berhak Masuk Surga

        Sudah seminggu kematian Vanessa Angel dan suami (Febri Andriansyah) karena kecelakaan tunggal di Tol Jombang, membawa aroma duka yang mendalam dan masih melekat bagi keluarga, orang-orang terdekat, dan juga masyarakat Indonesia. Ini terbukti dengan banyaknya foto atau video mereka berdua yang masih viral di media sosial seperti Tiktok, Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter, bahkan di media online maupun offline pun masih memberitakannya.
Foto : Instagram Vanessaangelofficial
Masa Kelam Vanessa
        Kalau boleh flashback, Vanessa Angel pernah tersangkut kasus prostitusi online yang pernah menjadi perhatian masyarakat luas. Setelah kasus tersebut terjadi, banyak orang yang memandangnya sebelah mata, dianggap sebagai perempuan yang buruk, dan malah ada yang menyebutnya sebagai perempuan 80 juta.
        Seiring berjalannya waktu, stigma tersebut mulai luntur ketika Vanessa Angel menikah dengan Febri Andriansyah. Perlahan ia berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Apalagi setelah ia dikaruniai seorang anak yang sangat lucu bernama Gala Sky Andriansyah yang juga ikut dalam kecelakaan itu namun selamat bersama sopir dan babysitter-nya, ia mendedikasikan dirinya untuk keluarga kecilnya.

Vanessa Banyak yang Mendo’akan
        Meninggalnya Vanessa dan suami mengundang duka, haru, sedih, kehilangan, dan hikmah bagi berbagai kalangan dan masyarakat luas. Ini terekspresi pada ungkapan-ungkapan bela sungkawa dan do’a yang tidak ada habis-habisnya baik di media sosial maupun kepada keluarga.
        Vanessa juga mendapat penghormatan dari Pondok Pesantren Lirboyo. Pesantren yang diketahui memiliki ribuan santri itu, kabarnya melaksanakan sholat ghaib untuk mendo’akan almarhumah dan suami. Tidak semua orang bisa mendapatkan penghormatan dan keistimewaan seperti ini, bahkan yang menjadi alumni pesantren itu pun belum tentu mendapatkan kesempatan seperti Vanessa.
        Selain banyak yang mendo’akan, banyak pula kebaikan-kebaikan Vanessa yang mulai terungkap ke publik, salah satunya dari Yanti, tukang pijit yang sudah memijit Vanessa selama 11 tahun. Ia mengatakan kalau Vanessa luar bisa baiknya. Terakhir kali dia memijit vanessa dibayar 2,5 juta padahal biasanya dibayar 1,5 juta untuk dua orang, Vanessa dan suaminya.
        Vanessa meninggal pada hari kamis siang atau malam jum’at, tanggal 4 November 2021. Hari kamis merupakan hari baik bagi seorang muslim waktu meninggal. Ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr RA:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- : مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ [رواه الترمذي

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari jum’at atau malamnya, melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah kubur.” ( HR. Tirmidzi).

Apakah Vanessa Berhak Masuk Surga?
        Banyak orang yang mendo’akan Vanessa. Ada yang menyebutnya masuk surga. Ada yang menyebutnya mati syahid karena meninggal dalam kecelakaan dan sedang mencari rizki. Namun ada pula yang berkomentar miring, bagaimana bisa masuk surga sedangkan dia saja belum menutup aurat. Padahal dalam agama islam wanita yang kelihatan sehelai rambutnya saja hukumnya dosa.
        Pendapat seperti ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, akan tetapi salah apabila menutup aurat menjadi tolak ukur seseorang masuk surga atau tidak. Karena islam tidak hanya mengajarkan tentang menutup aurat saja tetapi juga mengajarkan tentang bersedekah, menyantuni fakir miskin, beramal, sholat, puasa, zakat, waris, taubat, taat kepada orang tua dan suami, dan lain sebagainya. Semua orang bisa masuk surga begitu juga dengan Vanessa, tergantung dari timbangan amal dan perbuatannya selama masih hidup.
        Ini bukan berarti membenarkan orang yang tidak menutup aurat. Tetapi maksudnya, orang yang berhijab bisa masuk surga atau neraka, begitu pula orang yang tidak berhijab juga bisa masuk surga atau neraka. Karena hisab perbuatan amal baik atau buruk manusia tidak hanya mengenai aurat saja, tetapi masih banyak hal yang lain. Jadi tidak tepat jika menghakimi seseorang masuk surga atau neraka hanya melihat dari satu sisi saja karena masih banyak sisi-sisi lain yang tidak diketahui oleh orang lain kecuali Allah SWT. Namun menutup aurat, mentaati perintah dan menjauhi larangan Allah SWT adalah sebaik-baik perbuatan manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.