Ingin Belajar di Kampung Inggris Pare? Ini Dia yang Perlu Anda Persiapkan

Foto: Lembaga Kursus Acces-Es
Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam kehidupan yang sudah semakin modern. Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional digunakan di berbagai bidang kehidupan baik ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lain-lain. Sehingga mempelajarinya menjadi suatu kebutuhan untuk memperlancar komunikasi dan pemahaman terhadap sesuatu tertentu.

Ada banyak cara belajar bahasa Inggris, yaitu Anda bisa belajar secara otodidak dari buku-buku bahasa Inggris, belajar di sekolah, belajar di tempat kursus, belajar melalui internet seperti menonton Youtube, dan bahkan bisa belajar melalui aplikasi-aplikasi digital. Semua tergantung pilihan Anda.

Dari beberapa cara atau tempat belajar bahasa Inggris, ada sebuah tempat yang cukup popular, yang bisa dijadikan referensi bagi Anda untuk belajar dan mendalami bahasa Inggris. Tempat ini dikenal dengan sebutan “Kampung Inggris,” yang berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Lebih dari puluhan ribu siswa yang sudah pernah menimba ilmu di sini.

Kenapa belajar di Kampung Inggris banyak diminati? Salah satunya, karena di tempat ini siswa-siswinya memiliki kesamaan tujuan yakni hanya fokus belajar bahasa Inggris. Sehingga hal ini mendorong adanya interaksi yang baik antar siswa dari berbagai daerah atau kota, yang menyebabkan materi yang diajarkan mudah diserap dan dipraktekkan.

Siswa yang belajar di Kampung Inggris tentunya memiliki harapan yang besar untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar, baik secara oral maupun gramatikal. Dalam mencapai itu, tentu perlu adanya persiapan-persiapan. Berikut beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan, sebelum belajar di Kampung Inggris :

1. Niat

Niat merupakan satu hal penting yang harus dimiliki dalam mempelajari atau melakukan apapun, termasuk belajar bahasa Inggris. Niat yang baik dan benar akan mengantarkan Anda kepada keberhasilan dan keberkahan. Sebaliknya, niat yang melenceng, akan mengantarkan Anda kepada kesia-siaan.

Sebelum belajar, sebaiknya membenahi niat dengan berkomitmen terhadap apa yang hendak dipelajari dan dilakukan, khususnya ketika sedang belajar di Kampung Inggris. Dengan niat yang teguh, akan membuat Anda belajar dengan tekun dan tidak mudah terganggu hal-hal yang tidak sejalan dengan apa yang telah diniatkan diawal, contoh: Ketika Anda sedang merasa bosan atau mengalami kesulitan dalam belajar, maka niat akan menuntun Anda untuk tidak putus asa dan menyerah. Juga, ketika Anda diajak teman untuk melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan kegagalan dalam belajar, Anda bisa menolaknya.

2. Tujuan

Belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris, umumnya bertujuan untuk memperdalam skill berbahasa Inggris yang biasanya akan dipergunakan untuk mendapatkan beasiswa, melanjutkan study S2, kuliah di luar negeri atau untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Namun di luar itu, tidak sedikit siswa yang belajar di sini memiliki tujuan ganda. Selain untuk tujuan belajar, sekaligus untuk mengisi waktu luang karena sedang libur sekolah atau kuliah. Ada juga yang memanfaatkan waktu tunggu panggilan kerja. Ada pula yang untuk tujuan healing, namun ingin tetap memiliki nilai positif.

Oleh karena itu, belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris, penting memiliki tujuan yang jelas jika ingin mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Ketika sudah mengetahui apa tujuan Anda, akan mudah menentukan langkah-langkah belajar untuk keberhasilan Anda. Apakah tujuan Anda ke Pare untuk memperlancar speaking? Atau untuk meningkatkan kemampuan gramatikal? dan atau ingin menguasai dua-duanya? Tentu langkah belajar yang diambil akan sedikit berbeda. Apalagi kalau Anda memiliki waktu yang terbatas belajar di Pare.

Siswa yang ingin memperlancar speaking biasanya lebih banyak mengambil kelas-kelas yang menekankan pada memperbanyak kosa kata dan hafalan. Sedang siswa yang ingin memperbaiki tulisan secara gramatikal, akan lebih menekankan untuk belajar grammar. Namun jika Anda ingin menguasai speaking dan grammar secara lebih mendalam, Anda bisa mempelajarinya secara bersamaan.

Jadi, kejelasan tujuan itu perlu jika Anda ingin hasil belajar yang maksimal, tepat dan efisien. Tujuan belajar akan membuat Anda untuk fokus pada apa yang ingin Anda capai.

3. Biaya Kursus dan Tempat Tinggal

Untuk belajar di Kampung Inggris, tentu Anda harus menyiapkan budget selama belajar di sini. Berapa biaya yang dibutuhkan? Semua biaya tergantung program apa yang akan Anda pilih dan berapa lama waktu yang Anda miliki untuk belajar di Kampung Inggris. Budget yang Anda miliki bisa menentukan berapa lama Anda bisa belajar di sini.
     
Biaya kursus di Kampung Inggris masih terbilang terjangkau. Setiap lembang kursus umumnya mematok biaya kursus sebesar Rp 150.000,00-Rp 300.000,00/program. Untuk setiap program jangka waktunya 2 minggu. Ini belum termasuk biaya kos/asrama. Umumnya, biaya kos/asrama di Pare berkisar antara Rp 200.000,00 – Rp 600.000,00/bulan.

Selain program regular, ada juga program paket 1 bulan, paket 2 bulan, paket 3 bulan, paket 6 bulan dan seterusnya. Untuk setiap paket memiliki biaya yang berbeda sesuai dengan jenis program dan jangka waktu pembelajarannya.

Ada banyak jenis program yang ditawarkan. Mulai dari pronunciation, speaking, grammar, translation, writing, Pre Toefl, Toefl, Toeic, Job Inteview, dan lain-lain. Anda bisa memilih program sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain biaya kos dan kursus, Anda juga perlu memikirkan biaya hidup selama di sini seperti makan, minum dan keperluan pribadi lainnya. Biaya hidup di Pare tidaklah mahal, Anda bisa membeli makan sebesar Rp 5.000,00 – Rp 20.000,00/porsi.

Jadi, mempersiapkan budget selama Anda belajar di sini sangat diperlukan. Budget yang Anda miliki bisa menentukan berapa lama Anda akan belajar dan stay di Pare atau Kampung Inggris.

4. Review Lembaga Kursus

Sebelum memutuskan untuk belajar di Kampung Inggris, sebaiknya review dulu tempat-tempat kursus yang ada di sini. Anda bisa searching informasinya di website atau akun media sosial lembaga-lembaga kursus tersebut. Anda juga bisa bertanya kepada teman yang sudah pernah belajar di sini. Jika Anda tidak memiliki teman yang pernah belajar di Kampung Inggris, Anda bisa mencari teman di media sosial untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi.

Ada banyak tempat kursus di Kampung Inggris. Meneliti dan mereview lembaga kursus sebelum belajar di sini akan membantu Anda beradaptasi lebih cepat. Setiap lembaga kursus di Pare memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Anda bisa memilih tempat kursus yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan Anda.

5. Data Diri

Tanda pengenal atau identitas diri seperti KTP, KK, Kartu Pelajar, SIM, sangat diperlukan untuk melengkapi administrasi pendaftaran. Sebelum belajar di Kampung Inggris sebaiknya tanyakan dulu data apa saja yang perlu dilengkapi untuk belajar di lembaga kursus tersebut. Seperti pada pandemi saat ini, ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi oleh calon siswa, seperti tes PCR, Rapid, Antigen, dan Swab.

6. Fokus

Siswa di Kampung Inggris berasal dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Di sini mereka akan saling mengenal dan belajar bersama. Tentu akan banyak hal baru yang akan diterima, seperti teman baru, lingkungan baru, gebetan baru, teman belajar yang sefrekuensi, serta didukung dengan suasana kampung yang ramah dan nyaman. Sungguh hal yang sangat meyenangkan. Keadaan seperti ini biasanya akan membuat lalai dan fokus Anda berkurang jikalau tidak mampu mengontrol diri.

Gangguan dalam belajar pasti akan terus ada, baik berasal dari dalam diri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Makanya, fokus dalam belajar bahasa Inggris harus tetap dijaga sampai tujuan dan target Anda tercapai. Jangan mudah goyah dengan suasana yang asik dan melenakan. Atur waktu sebaik mungkin.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memutuskan belajar di Kampung Inggris supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang Anda targetkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang ingin belajar di Kampung Inggris Pare.





Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.